Inilah 7 Manfaat Mandi Air Dingin Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh

Inilah 7 Manfaat Mandi Air Dingin Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh
Apa saja manfaat mandi air dingin pada pagi hari? Ya, pertanyaan tersebut mungkin akan menjadi pertanyaan bagi Anda yang belum mengetahui segudang manfaat dari mandi di pagi hari menggunakan air dingin. Memang, membayangkannya saja sudah merasa malas, terlebih jika mengingat bahwa hawa di pagi hari cenderung dingin dan akan membuat tubuh mengigil.

Namun tahukah Anda? Dibalik itu semua terdapat berjuta manfaat yang dapat dirasakan oleh tubuh kita. Mandi dengan air dingin idealnya memang pada pagi hari, namun sebenarnya dapat juga dilakukan pada siang hari hingga sore hari di atas pukul 14.00. Lalu, apa saja manfaat mandi air dingin bagi kesehatan tubuh? Temukan jawabannya pada ulasan dibawah ini.

Meningkatkan Imun Tubuh

Salah satu manfaat yang paling terasa dari mandi menggunakan air dingin di pagi hari adalah meningkatnya sistem kekebalan tubuh. Mandi dengan air dingin diketahui dapatmembantu meningkatkan kadar sel darah putih hingga tingkat metabolisme tubuh. Sehingga risiko terserang penyakit pun lebih kecil dan tubuh menjadi lebih kuat.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Suhu yang dingin pada air di pagi hari ternyata dapat membantu membesarkan pembuluh darah dan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Dengan kondisi tersebut, maka sudah tentu kesehatan jantung pun dapat terjaga dengan baik karena tidak perlu bekerja lebih berat. Dengan aliran darah yang lancar, maka dapat dipastikan bahwa kesehatan tubuh pun dapat terjaga dengan baik.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Saat Anda mandi dengan air dingin di pagi hari, maka diketahui bahwa kebiasaan tersebut ternyata dapat membantu Anda membakar lemak yang terdapat di dalam tubuh. Karena saat etika tubuh merasa dingin, maka sistem metabolisme tubuh pun akan secara otomatis membakar lemak. Dengan begitu, lemak akan terus diproses menjadi energi untuk menghangatkan tubuh.

Mengatasi Depresi

Saat mandi dengan air dingin maka tubuh akan terasa lebih segar walaupun cenderung merasa dingin. Namun ternyata saat dalam kondisi tersebut, otak akan terstimulasi untuk mengeluarkan hormon seperti noradrenalin yang ternyata dapat membantu menurunkan tingkat stres dan depresi. Untuk itulah mengapa setiap habis mandi pagi dengan air dingin tubuh akan terasa lebih segar dan bugar.

Meningkatkan Sistem Limfatik

Gerakan atau sistem limfatik merupakan sebuah proses tubuh atau gerakan/kontraksi otot tertentu untuk mengeluarkan limbah serta membawa sel darah putih untuk melawan kondisi infeksi pada tubuh. Dan gerakan atau sistem limfatik tersebut ternyata dapat terstimulasi ketika tubuh terkena air dingin seperti saat mandi pagi dengan air dingin.

Mengembangkan Paru-Paru

Salah satu manfaat lain dari mandi di pagi hari adalah dapat menyehatkan dan mengembangkan paru-paru. Dengan kondisi paru-paru yang dapat berkembang lebih besar, maka Anda pun akan lebih mudah mengambil nafas dalam-dalam. Dengan kata lain, asupan oksigen ke dalam tubuh pun semakin banyak dan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah lelah.


Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Berbeda dengan mandi air panas, mandi dengan air dingin justru akan membuat kulit lebih sehat dan juga lebih lembab. Hal tersebut karena pori-pori akan lebih menutup dan kulit akan menjadi lebih kencang. Air dingin juga dapat menstimulasi kulit untuk melakukan detoskfikkasi yang membuang racun serta dapat mendorong kutikula yang akan membuat rambut menjadi lebih sehat.

Itulah beberapa manfaat mandi air dingin yang mungkin masih jarang diketahui oleh banyak orang pada umumnya. Karena cuaca pagi hari yang cenderung dingin, maka tidak sedikit kalangan yang lebih memilih untuk mandi dengan air hangat. Namun jika Anda ingin memiliki tubuh yang sehat, maka sebaiknyam mulai saat ini membiasakan mandi dengan air dingin pada pagi hari.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 7 Manfaat Mandi Air Dingin Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan satu

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan 3

Iklan Bawah Artikel

Iklan 4