Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya - Kamar mandi adalah salah satu ruangan yang bisa dibilang paling kotor dalam sebuah rumah, ini karena, kamar mandi merupakan tempat untuk membersihkan diri dari hadas besar maupun hadas kecil. Di sisi lain, islam adalah hal yang lengkap, dan semua hal sudah di atur dalam islam bahkan untuk urusan ke kamar mandi sekali pun. 


Sumber: nyunyu.com

Sereringkali, bahkan kita sebagai umat muslim mengabaikan aturan-aturan yang sudah ditetapkan dalam melaksanakan sebuah kegiatan. Misalnya saja, berdoa. Dalam ajaran agama islam, berdoa adalah hal yang wajib dan setiap hal, dan kegiatan selalu memiliki doa tersendiri. Doa ini juga berlaku dalam hal masuk ke kamar mandi. Sayangnya, banyak orang yang sering lupa bahkan menganggap berdoa atau doa hanyalah sepenggal pelajaran agama di masa SD, padahal doa memiliki arti yang sangat penting yaitu salah satunya dengan berdoa sebelum melakukan kegiatan, itu berarti kita sudah memohon kepada Allah SWT untuk diberi perlindungan dalam mengerjakan suatu hal. Selain berdoa, ada beberapa kegiatan yang memiliki aturan atau adab sendiri saat mengerjakannya, salah satunya adalah saat kita ingin ke kamar mandi. Seperti yang dilansir oleh kucoba.com, berikut ini Tata Cara Masuk Ke Kamar Mandi Dalam Ajaran Islam.

Tata Cara Masuk Ke Kamar Mandi Dalam Ajaran Islam

1. Seperti yang sudah dibahas di atas, setiap kali kita mengerjakan sebuah pekerjaan, kita selalu diwajibkan untuk memulainya dengan doa. Meski itu hal kecil dan sepele, tapi dengan berdoa akan membuat apa pun yang kita kerjakan menjadi lancar.

2. Memasuki kamar mandi dengan mendahulukan kaki kiri.


3. Dianjurkan memakai alas kaki ketika memasuki WC/kamar mandi.

4. Jangan berbicara ketika berada di WC/kamar mandi, Dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu Anhu’ bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam’ bersabda,”Bila dua orang diantara kamu buang air, hendaklah saling membelakangi dan jangan berbicara. Karena sesunguhnya Allah murka akan hal itu.”
Bacaan Doa Masuk Kamar Mandi Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya
5. Disunnahkan berdehem sebanyak tiga kali setelah buang air kecil,agar semua kotoran keluar.

7. Tidak boleh menghadap atau membelakangi kiblat, ketika buang
air kecil dan besar “Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu’ bahwa Rasulullah Shallallahu
Alaihi wa Sallam’ Bersabda “Bila kamu mendatangi tempat buang air, janganlah menghadap kiblat atau membelakanginya. “(HR. Bukhari dan Muslim)

8. Tidak boleh menjawab salam ketika berada di dalam WC/kamar mandi.

9. Tidak boleh membawa atau membaca lafadz Allah dan Muhammad atau ayat-ayat Al Quran atau hadist ke dalam WC/kamar mandi.

10. Tidak boleh mandi berduaan di dalam kamar mandi terkecuali suami isteri.

11. Tidak boleh makan dan minum ketika berada di dalam kamar mandi.

12. Berhati-hatilah dengan percikan najis, dalam salah satu hadist “Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabada :”Bahwa kebanyakan siksa kubur disebabkan karena tidak berhati-hati ketika beristinja”.

13. Memakai tabir penghalang agar tidak terlihat orang lain Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabada :
“Bila kamu buang air hendaklah beristitar (menutup tabir). Bila tidak ada tabir maka menghadaplah ke belakang.”(HR. Abu Daud dan Ibnu Majah).

14.Keluar dari WC/kamar mandi dengan mendahulukan kaki kanan.

15. Membaca Doa setelah keluar kamar mandi (WC): Dalam Hadist shahih dalam kitab Abu Dawud dan Imam At Tirmidzi’bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam’mengucapkan
doa berikut ini saat beliau keluar dari kamar mandi (WC) : “Ghufraanaka”
“ Ya Allah”..Aku memohon Pengampunan-MU.”.

Itu dia tata cara masuk ke kamar mandi yang dianjurkan dalam islam. Selain tata cara di atas, berikut ini adalah bacaan doa masuk kamar mandi lengkap dengan bahasa arab, latin, dan artinya yang wajib anda hafalkan dan baca setiap kali masuk ke kamar mandi.

Bacaan Doa Masuk Kamar Mandi Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya


اَللهُمَّ اِنّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ


ALLOOHUMMA INNII A'UUDZUBIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHOBAAITSI 

 Artinya: Ya Allah, aku berlindung dari godaan syetan laki-laki dan syetan perempuan

Bacaan Doa Keluar Kamar Mandi Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya


غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ


GHUFROONAKAL HAMDU LILLAAHIL LADZII ADZHABA 'ANNIL ADZAA WA 'AAFAANII 
 Artinya: Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan.
Sangat mudah bukan bacaan doa masuk kamar mandi lengkap dengan bahasa arab, latin, dan artinya ini? Kami yakin sekali, anda bisa menghafalkannya dalam waktu yang sangat singkat. Bahkan jika anda memiliki anak, tidak ada salahnya anda membiasakan anak anda untuk selalu berdoa. Jadi mulai sekarang, yuk lestarikan budaya berdoa sebelum melakukan apa pun, karena dengan berdoa Allah SWT akan melancarkan apa pun yang kita kerjakan, dan melindungi kita dari apa pun.
Terima kasih sudah membaca artikel Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan satu

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan 3

Iklan Bawah Artikel

Iklan 4