Cara Alami Membasmi Kutu Rambut sampai Ketelur-telur nya

Cara Alami Membasmi Kutu Rambut sampai Ketelur-telur nya
Kutu rambut bukan hanya menjengkelkan namun juga memalukan. Betapa tidak jengkel, tingkahnya membuat kepala sangat gatal. Setiap kita garuk, gatalnya pindah ke tempat lain. Bisa jadi dalam sehari seluruh kulit kepala terasa perih karena garukan tangan kita sendiri.


Lebih celaka lagi saat kita di tempat umum atau di tempat saudara, gatalnya amat-sangat namun kita akan malu kalau terus-terusan garuk kepala. Lebih malu lagi kalau ketahuna memiliki kutu rambut. Pasti kita dikira orang jorok. Dan orang-orang akan menjauhi kita karena kutu rambut memang hadir karena tertular orang lain dan bukan dari debu atau peralatan lain.

Simply says, jauhilah orang berkutu rambut jika anda tidak ingin tertular.

Tahukah anda kalau kutu rambut mampu bertelur sebanyak 6 buah setiap hari dan akan menetas dalam 8 hari? Mengerikan bukan, dalam sepuluh hari, kutu rambut akan berlipat ganda dan dalam sebulan mungkin kutu rambut sudah memenuhi setiam milimeter kulit kepala anda.

Sebenarnya bukan gigitan gigi kutu rambut yang menyebabkan gatal melainkan air liurnya yang membuat kulit kepala terasa sangat gatal melebihi rasa gatal akibat ketombe. Daerah kulit kepala yang ter-alergi-kan air liur kutu rambut tampak merah-merah, kadang sampai kulit belakang telinga dan leher. Jika kutu rambut populasinya sudah cukup banyak maka dengan mudah anda akan menemukan telur kutu rambut di pangkal rambut. Bentuknya bulat putih-putih seperti ketombe namun bergerombol.

Jika anda menemukan tanda-tanda diatas maka tidak bisa dipungkiri bahwa kepala anda adalah sarang kutu rambut. Tindakan penyembuhan alami pertama yang perlu anda lakukan adalah membeli sisir serit. Di beberapa daerah mungkin namanya berbeda, bentuknya seperti sisir namun jaraknya sangat sempit seolah-olah hanya satu rambut yang bisa lewat di setiap celahnya.

Serit itu digunakan menyisir rambut dari pangkal sampai ujung. Kutu rambut betina yang badannya cenderung lebih besar akan langsung tertangkap. Telur-telur yang menempel pada rambut juga akan rontok terpapar serit. Meskipun cara ini efektif untuk menangkap kutu dan telur-telurnya anda tidak bisa menggunakannya sekali dan langsung bersih, selain itu anda perlu orang lain untuk melakukannya untuk anda.

Anda bisa juga membasmi kutu kepala menggunakan minyak kelapa. Oleskan minyak kelapa pada rambut dan kulit kepala secara merata. Lalu tutup dengan shower cup plastik selama 45 menit. Dengan cara ini kutu rambut akan mabuk dan lemas. Selanjutnya keramas menggunakan sampo biasa sampai bersih. Kutu yang lemas akan terbawa air dan jatuh.

Jika kutu rambut masih membandel mungkin dia sudah bermutasi dan lebih tahan terhadap minyak kelapa. Gunakan bahan yang lebih keras seperti bawang merah. Ambil 7-10 siung bawang merah dan lembutkan kemudian balurkan ke kepala dan rambut secara merata lalu tutup dengan shower cup dan diamkan selama 45 menit. Uap bawang merah akan mematikan kutu rambut. Selanjutnya bilas dengan shampoo beberapa kali sampai bau bawang merahnya hilang.

Cara terakhir adalah melumuri kulit kepala dengan minyak kayu putih yang dicampur perasan air jeruk nipis. Sama seperti kedua cara sebelumnya, campuran ini akan membunuh kutu rambut dan melepaskan telur kutu rambut dari batang rambut. Kemudian tutup dengan hair cap dan tunggu sampai 45 menit. Kemudian bilas dengan sampoo asmpai baunya hilang.


Cara-cara diatas harus dilakukan beberapa kali sampai yakin kutunya hilang. Kadang dirasa hilang tapi beberapa hari kemudian muncul lagi, itu bisa disebabkan karena ada telur kutu yang tertinggal.

Cara paling efektif adalah menggundul rambut anda karena dengan demikian semua kutu akan tersapu bersih berikut dengan telurnya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Alami Membasmi Kutu Rambut sampai Ketelur-telur nya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan satu

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan 2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan 3

Iklan Bawah Artikel

Iklan 4